Mencari Sesuatu ???

Rabu, 17 Februari 2010

Bandar Udara


Posting saya kali ini mengenai. . .
Bandar Udara, fasilitas transportasi dalam hal ini pesawat terbang memang sudah menjadi salah satu prioritas untuk menunjang pertumbuhan secara tak langsung dari suatu daerah.
namun, dalam merencanakan dan membuilt-up sebuah Bandar Udara memang bukan urusan yang mudah, dibutuhkan SDA dan SDM yang berkualitas.
tentunya hal ini secara langsung mempengaruhi development cost suatu Bandar Udara.
dibawah ini saya menuliskan beberapa hal yang sempat saya baca dari beberapa sumber.
masih extra sangat jauh dari harapan, namun setidaknya memberi sedikit gambaran mengenai hal yang dimaksud, dan tak lupa juga mohon masukannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan dan perancangan:
  • - Pengembangan wilayah
  • - jenis operasi pesawat ; komersial atau militer, lokal atau internasional, dll)
  • - jarak antar terminal udara dan ke moda transportasi lainnya
  • - keadaan topografi
  • - cuaca
  • - daya pandang (visibility)
  • - Penghalang (obstruction)
  • - Keadaan ekonomi
Konfigurasi dari bandar udara sangat tergantung pada pengaturan runway dan sistem pengendalian operasi pesawat yang dilayani.

Beberapa Konfigurasi Runway :
  • - single parallel
  • - intersecting
  • - non intersecting

bandar udara terdiri dari beberapa area yaitu :
  • - gedung terminal
  • - tempat parkir pesawat (apron)
  • - hanggar area
dengan beberapa bagian penunjang yaitu :
  • - ruang tunggu
  • - ruang administrasi penumpang
  • - tower pengawas
beberapa konfigurasi apron :
  • - nose-in
  • - angled nose-in nose out
  • - angled nose-out
  • - parallel
dengan sistem parkir yaitu :
  • - frontal system
  • - open apron
  • - finger system
  • - satelite system

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Left a Comment Here

Fiorentina

Fiorentina
La Viola Fiorentina